A. LATAR
BELAKANG MASALAH
Salah satu permasalahan kesehatan yang sejak lama diobservasi dan belum
terpecahkan secara total ialah depresi. Depresi adalah gangguan suasana
perasaan yang mempunyai gejala utama berupa efek depresif, kehilangan minat dan
kegembiraan, serta berkurangnya energi yang menuju meningkatnya keadaan yang
mudah lelah (rasa lelah yang nyata sesudah sedikit kerja saja), konsentrasi dan
perhatian kurang, gagasan tentang rasa bersalah dan tidak berguna, pandangan
masa depan yang suram dan pesimistis, gagasan atau perbuatan yang membahayakan
diri atau bunuh diri, tidur terganggu dan nafsu makan berkurang.
(Sholikin,2006)
Berdasarkan
penelitian yang ada, wanita lebih rentan terkena depresi dibandingkan pada
pria. Hal ini disebabkan faktor genetik maupun sosial. Secara psikososial
wanita lebih banyak mengalami tekanan psikososial dibandingkan dengan pria.
Tekanan atau
gangguan yang menyebabkan depresi itu antara lain karena riwayat gangguan mood
di keluarga, adanya gangguan mood di masa lampau pada masa awal
usia reproduksi, kehilangan orang tua sebelum usia 10 tahun, riwayat kekerasan
fisik dan seksual saat kecil, penggunaan kontrasepsi oral / pil KB dengan
kandungan progesterone yang tinggi,
penggunaan steroid gonadal sebagai
terapi infertilitas, kehilangan dukungan psikologis dari keluarga dan
masyarakat. Lebih
khususnya bisa disebabkan antara lain karena depresi
saat kehamilan, baby blues, depresi pasca melahirkan, depresi
saat fase perimenopause, dan akibat
perbedaan gender.
Dilihat
dari hal-hal yang telah disebutkan di atas maka diperlukan suatu cara untuk
mengobati atau menghilangkan depresi terutama pada wanita. Salah satu cara
untuk mengurangi depresi tersebut adalah dengan memberikan aroma terapi. Aroma
terapi yang sering dijumpai adalah berupa parfum yang mengandung zat-zat kimia
berbahaya bagi tubuh bahkan bisa menimbulkan penyakit yang berujung pada
kematian. Tapi disisi lain, ada juga aroma terapi yang berasal dari bahan alami
seperti bunga. Sehingga aroma terapi banyak diminati oleh kaum wanita. Bunga
yang sering digunakan sebagai aroma terapi antara lain, bunga mawar, lavender,
dan melati. Maka dari itu, bunga mawar digunakan sebagai aroma terapi untuk
mengatasi depresi pada wanita. Karena dalam hal ini, bunga mawar mempunyai
populasi yang tinggi di Indonesia, terutama di Pulau Jawa yang mana
masyarakatnya masih banyak membudidayakan bunga mawar.
B. PERUMUSAN
MASALAH
Perumusan masalah yang dapat diselesaikan dengan
adanya program ini yaitu sebagai berikut:
1. Menjadikan RaR-B
sebagai solusi
kreatif terhadap permasalahan depresi yang banyak terjadi pada kaum wanita guna
meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia
2.
Mahasiswi dan wanita
karier merupakan orang dengan kegiatan padat yang dan memiliki kecenderungandan
peluang besar terjadinya depresi, hanya memiliki sedikit waktu istirahat dalam
rutinitas kegiatannya. Oleh karena itu
membutuhkan suatu inovasi yang bisa meredakan dan mengurangi dampak
kesibukannya tersebut dengan adanya Produk aromaterapy dalam bentuk bross yang
bisa dipakai setiap saat
C. TUJUAN
PROGRAM
Tujuan program kreatifitas
mahasiswa bidang kewirausahaan ini adalah untuk membaca peluang usaha yang
disesuaikan dengan kondisi konsumen sehingga terciptalah produk inovatif yang
bisa membawa dampak yang baik bagi produsen dan konsumen. Selain itu, dengan
adanya bisnis Bross aromaterapi (Rar-B), mahasiswa bisa mengawali karir menjadi
seorang entrepreneur dan pengusaha sehingga nantinya juga bisa menambah jumlah
entrepreneur yang ada di Indonesia.
D. LUARAN YANG
DIHARAPKAN
Luaran yang terkait tujuan
pelaksanaan program ini adalah adanya produk inovatif yang bisa mengurangi
dampak depresi yang sering terjadi pada wanita sesuai dengan gaya hidup wanita
itu sendiri. Dengan adanya RaR-B ini, mahasiswa juga bisa mendapat tambahan
uang saku untuk biaya kuliah tanpa harus meminta orang tua. Selain itu, mahasiswa bisa menjadi seorang
entrpreneur muda yang menyumbang peningkatan jumlah entrepreneur di Indonesia.
E. KEGUNAAN
PROGRAM
Kegunaan dari program ini
adalah sebagai berikut:
1.
Merangsang
kreatifitas dan daya inovasi mahasiswa dalam menghasilkan produk inovatif yang
bermanfaat
2.
Membuka wawasan
mahasiswa dan meningkatkan ketrampilan dalam berwirausaha sehingga mampu
menghadapi persaingan bebas dengan cara
menjadi entrepreneur muda Indonesia.
3.
Memberikan
stimulus untuk menciptakan lapangan pekerjaan secara mandiri terutama bagi anak
muda.
F. GAMBARAN
UMUM RENCANA USAHA
F.1. Gambaran Produk
Rar-B yang merupakan produk bross beraroma terapi
mawar bisa memberikan ketenangna dan rasa nyaman bagi para penggunanya.
Salah satu kegunaan dari mawar yang paling penting adalah
kegunaannya pada kulit. Ia tidak hanya meningkatkan sirkulasi ke permukaan
kulit, tetapi juga menyesuaikan pembuluh-pembuluh kapiler. Mawar mengandung omega-3, omega-6 fatty acids, antioksidan vitamin A dan vitamin C yang
sangat bermanfaat untuk kulit kering, kasar, pecah-pecah, sensitif, dibakar,
atau penuaan kulit. Itu adalah alasan mengapa air mawar adalah salah satu yang
paling dikenal sebagai pembersih kulit. Ekstrak mawar dan minyak mawar telah
dikombinasikan ke dalam tonik dan lotion, tidak hanya untuk perawatan kulit
rutin.
Gambar 1. Bross RaR-B
Bunga mawar mengandung zat antodianin yang berasal dari flavonoida
yang mana zat itu menyebabkan warna merah pada mawar. Sehingga mawar indah
untuk dipandang.Geraniol dan l-sitronelol pada mawar membuat mawar
beraroma wangi.
F.2.Identifikasi
Pangsa Pasar
Segmentasi pasar dari produk ini adalah masyarakat daerah surabaya yang
wanita pada umumnya dan Mahasiswi ITS pada khususnya. Kebutuhan wanita akan
memperindah dan mempercantik penampilan sangat tingga. Selain itu juga pikiran
para wanita sangat mudah sekali dihinggapi stress/depresi, sehingga dengan
produk ini, keluhan mereka bisa berkurang.
F.3.Strategi
Pemasaran dan Penjualan
Dalam proses pemasaran
dan penjualan RaR-B, disini kami menggunakan strategi PDB (Positioning,
Differentation, Brand).
Gambar 2.Triangle PDB
·
Positioning
RaR-B akan dipasarkan di lingkungan kampus di
kota-kota besar yang seringkali dapat dijumpai wanita karier dan mahasiswi yang
sibuk dengan penugasan kampus, seperti halnya di daerah Surabaya.
·
Differentation
1.
Estetika
RAr-B yang
didesain khusus dalam bentuk brosss memang bertujuan dalam aspek
estetika/keindahan. Hal ini karena pengguna yang dituju adalah para depresan
wanita yang memang cenderung suka dengan benda-benda yang memiliki keindahan.
RAr-B hadir dalam bentuk brosss bisa digunakan oleh wanita yang memakai jilbab
atau juga yang tanpa jilbab karena bisa diselipkan di jilbab atau baju yang
dikenakan oleh pengguna.Hal ini berbeda dengan produk aromaterapi sebelumnya
yang berupa parfum,lilin, atau obat-obatan.
2.
Ramah
Lingkungan
RAr-B ini
dibuat dari bahan dasar mawar dengan proses ekstraksi yang tidak menghasilkan
limbah berbahaya. Hal ini berbeda dari produk aromaterapi lain yang dalam
proses pembuatannya menghasilkan limbah produksi yang berbahaya bagi
lingkungan.
3.
Efektif
dan Efisien
Kelebihan lain
yang dimiliki RAr-B dibandingkan produk lain yakni tentang keefektifannya dan
keefisiennya. Menurut fungsinya sebagai aromaterapi yang bisa sebagai
pengobatan alami dibuat dalam bentuk brosss yang untuk pengguna sendiri bisa
dipakai setiap hari dan dengan bentuknya tersebut tidak merepotkan pengguna
karena bisa dipakai kemanapun dan tidak perlu menyita waktu pengguna.
·
Brand
Branding berupa pengenalan produk melalui media internet serta
brosur. Media internet meliputi facebook dan blog. Sedangkan media brosur yaitu
dengan menyebar brosur kepada mahasiswa dan menempelkannya di lokasi-lokasi
strategis seperti perpustakaan dan lain-lain. Pada awal pengenalan produk, cara
yang digunakan adalah mengundang beberapa orang untuk mencoba produk pertama RaR-B.
Kemudian dari orang yang telah mencoba rasa ini, produsen bisa mengenalkan ke
konsumen dengan produk melalui cerita mulut ke mulut kepada masyarakat.
Sehingga nantinya konsumen lain akan merasa penasaran dan tertarik untuk
mencoba. Selain itu, pengenalan produk pertama dilakukan dengan pemberian
produk dengan harga di bawah Harga pokok.
F.4.Pesaing dan Kondisi Pesaing
Pesaing utama RaR-B ini adalah aromaterapi yang berbentuk parfum semprot
ataupun minyak. Oleh karena itu, RaR-B juga harus bisa mempertahankan keunikan dan
kecantikan produk yang bisa mempercantik konsumen. Keunggulan dari RaR-B ini
adalah ia dikemas dalam bentuk yang unik yaitu bross yang bisa dikenakan
sewaktu-waktu dalam kondisi apapun. Selain itu, bagian aromaterapi diberi alat
pemutar sehingga bisa mempermudah dan menghemat penggunaan RaR-B.
No comments:
Post a Comment