Friday, June 14, 2013

RaR-B- rose aromatic Bross


A.    LATAR BELAKANG MASALAH
Salah satu permasalahan kesehatan yang sejak lama diobservasi dan belum terpecahkan secara total ialah depresi. Depresi adalah gangguan suasana perasaan yang mempunyai gejala utama berupa efek depresif, kehilangan minat dan kegembiraan, serta berkurangnya energi yang menuju meningkatnya keadaan yang mudah lelah (rasa lelah yang nyata sesudah sedikit kerja saja), konsentrasi dan perhatian kurang, gagasan tentang rasa bersalah dan tidak berguna, pandangan masa depan yang suram dan pesimistis, gagasan atau perbuatan yang membahayakan diri atau bunuh diri, tidur terganggu dan nafsu makan berkurang. (Sholikin,2006)
Berdasarkan penelitian yang ada, wanita lebih rentan terkena depresi dibandingkan pada pria. Hal ini disebabkan faktor genetik maupun sosial. Secara psikososial wanita lebih banyak mengalami tekanan psikososial dibandingkan dengan pria.
Tekanan atau gangguan yang menyebabkan depresi itu antara lain karena riwayat gangguan mood di keluarga, adanya gangguan mood di masa lampau pada masa awal usia reproduksi, kehilangan orang tua sebelum usia 10 tahun, riwayat kekerasan fisik dan seksual saat kecil, penggunaan kontrasepsi oral / pil KB dengan kandungan progesterone yang tinggi, penggunaan steroid gonadal sebagai terapi infertilitas, kehilangan dukungan psikologis dari keluarga dan masyarakat. Lebih khususnya bisa disebabkan antara lain karena depresi saat kehamilan, baby blues, depresi pasca melahirkan, depresi saat fase perimenopause, dan akibat perbedaan gender.
Dilihat dari hal-hal yang telah disebutkan di atas maka diperlukan suatu cara untuk mengobati atau menghilangkan depresi terutama pada wanita. Salah satu cara untuk mengurangi depresi tersebut adalah dengan memberikan aroma terapi. Aroma terapi yang sering dijumpai adalah berupa parfum yang mengandung zat-zat kimia berbahaya bagi tubuh bahkan bisa menimbulkan penyakit yang berujung pada kematian. Tapi disisi lain, ada juga aroma terapi yang berasal dari bahan alami seperti bunga. Sehingga aroma terapi banyak diminati oleh kaum wanita. Bunga yang sering digunakan sebagai aroma terapi antara lain, bunga mawar, lavender, dan melati. Maka dari itu, bunga mawar digunakan sebagai aroma terapi untuk mengatasi depresi pada wanita. Karena dalam hal ini, bunga mawar mempunyai populasi yang tinggi di Indonesia, terutama di Pulau Jawa yang mana masyarakatnya masih banyak membudidayakan bunga mawar.
                                                                         

B.     PERUMUSAN MASALAH
Perumusan masalah yang dapat diselesaikan dengan adanya program ini yaitu sebagai berikut:
1.      Menjadikan RaR-B sebagai solusi kreatif terhadap permasalahan depresi yang banyak terjadi pada kaum wanita guna meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia
2.      Mahasiswi dan wanita karier merupakan orang dengan kegiatan padat yang dan memiliki kecenderungandan peluang besar terjadinya depresi, hanya memiliki sedikit waktu istirahat dalam rutinitas kegiatannya. Oleh karena itu membutuhkan suatu inovasi yang bisa meredakan dan mengurangi dampak kesibukannya tersebut dengan adanya Produk aromaterapy dalam bentuk bross yang bisa dipakai setiap saat

C.    TUJUAN PROGRAM
Tujuan program kreatifitas mahasiswa bidang kewirausahaan ini adalah untuk membaca peluang usaha yang disesuaikan dengan kondisi konsumen sehingga terciptalah produk inovatif yang bisa membawa dampak yang baik bagi produsen dan konsumen. Selain itu, dengan adanya bisnis Bross aromaterapi (Rar-B), mahasiswa bisa mengawali karir menjadi seorang entrepreneur dan pengusaha sehingga nantinya juga bisa menambah jumlah entrepreneur yang ada di Indonesia.

D.    LUARAN YANG DIHARAPKAN
Luaran yang terkait tujuan pelaksanaan program ini adalah adanya produk inovatif yang bisa mengurangi dampak depresi yang sering terjadi pada wanita sesuai dengan gaya hidup wanita itu sendiri. Dengan adanya RaR-B ini, mahasiswa juga bisa mendapat tambahan uang saku untuk biaya kuliah tanpa harus meminta orang tua. Selain  itu, mahasiswa bisa menjadi seorang entrpreneur muda yang menyumbang peningkatan jumlah entrepreneur di Indonesia.

E.     KEGUNAAN PROGRAM
Kegunaan dari program ini adalah sebagai berikut:
1.      Merangsang kreatifitas dan daya inovasi mahasiswa dalam menghasilkan produk inovatif yang bermanfaat
2.      Membuka wawasan mahasiswa dan meningkatkan ketrampilan dalam berwirausaha sehingga mampu menghadapi persaingan bebas dengan cara  menjadi entrepreneur muda Indonesia.
3.      Memberikan stimulus untuk menciptakan lapangan pekerjaan secara mandiri terutama bagi anak muda.



F.     GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
F.1. Gambaran Produk
Rar-B yang merupakan produk bross beraroma terapi mawar bisa memberikan ketenangna dan rasa nyaman bagi para penggunanya.
Salah satu kegunaan dari mawar yang paling penting adalah kegunaannya pada kulit. Ia tidak hanya meningkatkan sirkulasi ke permukaan kulit, tetapi juga menyesuaikan pembuluh-pembuluh kapiler. Mawar mengandung omega-3, omega-6 fatty acids, antioksidan vitamin A dan vitamin C yang sangat bermanfaat untuk kulit kering, kasar, pecah-pecah, sensitif, dibakar, atau penuaan kulit. Itu adalah alasan mengapa air mawar adalah salah satu yang paling dikenal sebagai pembersih kulit. Ekstrak mawar dan minyak mawar telah dikombinasikan ke dalam tonik dan lotion, tidak hanya untuk perawatan kulit rutin.







Gambar 1. Bross RaR-B
Bunga mawar mengandung zat antodianin yang berasal dari flavonoida yang mana zat itu menyebabkan warna merah pada mawar. Sehingga mawar indah untuk dipandang.Geraniol dan l-sitronelol pada mawar membuat mawar beraroma wangi.
F.2.Identifikasi Pangsa Pasar
Segmentasi pasar dari produk ini adalah masyarakat daerah surabaya yang wanita pada umumnya dan Mahasiswi ITS pada khususnya. Kebutuhan wanita akan memperindah dan mempercantik penampilan sangat tingga. Selain itu juga pikiran para wanita sangat mudah sekali dihinggapi stress/depresi, sehingga dengan produk ini, keluhan mereka bisa berkurang.
F.3.Strategi Pemasaran dan Penjualan
Dalam proses pemasaran dan penjualan RaR-B, disini kami menggunakan strategi PDB (Positioning, Differentation, Brand).
Gambar 2.Triangle PDB
·         Positioning
RaR-B akan dipasarkan di lingkungan kampus di kota-kota besar yang seringkali dapat dijumpai wanita karier dan mahasiswi yang sibuk dengan penugasan kampus, seperti halnya di daerah Surabaya.
·         Differentation
1.      Estetika
RAr-B yang didesain khusus dalam bentuk brosss memang bertujuan dalam aspek estetika/keindahan. Hal ini karena pengguna yang dituju adalah para depresan wanita yang memang cenderung suka dengan benda-benda yang memiliki keindahan. RAr-B hadir dalam bentuk brosss bisa digunakan oleh wanita yang memakai jilbab atau juga yang tanpa jilbab karena bisa diselipkan di jilbab atau baju yang dikenakan oleh pengguna.Hal ini berbeda dengan produk aromaterapi sebelumnya yang berupa parfum,lilin, atau obat-obatan.
2.      Ramah Lingkungan
RAr-B ini dibuat dari bahan dasar mawar dengan proses ekstraksi yang tidak menghasilkan limbah berbahaya. Hal ini berbeda dari produk aromaterapi lain yang dalam proses pembuatannya menghasilkan limbah produksi yang berbahaya bagi lingkungan.
3.      Efektif dan Efisien
Kelebihan lain yang dimiliki RAr-B dibandingkan produk lain yakni tentang keefektifannya dan keefisiennya. Menurut fungsinya sebagai aromaterapi yang bisa sebagai pengobatan alami dibuat dalam bentuk brosss yang untuk pengguna sendiri bisa dipakai setiap hari dan dengan bentuknya tersebut tidak merepotkan pengguna karena bisa dipakai kemanapun dan tidak perlu menyita waktu pengguna.
·         Brand
Branding berupa pengenalan produk melalui media internet serta brosur. Media internet meliputi facebook dan blog. Sedangkan media brosur yaitu dengan menyebar brosur kepada mahasiswa dan menempelkannya di lokasi-lokasi strategis seperti perpustakaan dan lain-lain. Pada awal pengenalan produk, cara yang digunakan adalah mengundang beberapa orang untuk mencoba produk pertama RaR-B. Kemudian dari orang yang telah mencoba rasa ini, produsen bisa mengenalkan ke konsumen dengan produk melalui cerita mulut ke mulut kepada masyarakat. Sehingga nantinya konsumen lain akan merasa penasaran dan tertarik untuk mencoba. Selain itu, pengenalan produk pertama dilakukan dengan pemberian produk dengan harga di bawah Harga pokok.
F.4.Pesaing dan Kondisi Pesaing

Pesaing utama RaR-B ini adalah aromaterapi yang berbentuk parfum semprot ataupun minyak. Oleh karena itu, RaR-B juga harus bisa mempertahankan keunikan dan kecantikan produk yang bisa mempercantik konsumen. Keunggulan dari RaR-B ini adalah ia dikemas dalam bentuk yang unik yaitu bross yang bisa dikenakan sewaktu-waktu dalam kondisi apapun. Selain itu, bagian aromaterapi diberi alat pemutar sehingga bisa mempermudah dan menghemat penggunaan RaR-B.

No comments:

Post a Comment